logo alinea.id logo alinea.id

Alokasi waktu masyarakat Indonesia selama pandemi.

Pandemi membentuk kebiasaan-kebiasaan baru masyarakat Indonesia.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Sabtu, 12 Sep 2020 05:57 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/horizontalbar/2020/09/12/1649/1649" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

McKinsey & Company merilis publikasi berjudul How COVID-19 is Changing Behavior-Now and Forever pada 30 Juli 2020 lalu. Penulis publikasi yakni Sajal Kohli, Bjorn Timelin, Victor Fabius, dan Sofia Moulvad Veranen memaparkan, pandemi Covid-19 yang mewabah di sejumlah negara telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen pada beberapa aspek.

Salat satunya,  perubahan pada cara konsumen mengonsumsi hiburan. Dibanding pergi ke bioskop, konsumen kini lebih suka mengonsumsi konten hiburan digital melalui platform streaming. Kecenderungan tersebut diikuti oleh peningkatan intensitas akses dari segi play time. 

Hal yang sama juga terjadi pada cara konsumen mengonsumsi informasi. Kini, konsumsi informasi mengalami pergeseran ke arah media digital.