logo alinea.id logo alinea.id

Jumlah mitra merchant GoFood

Mitra usaha kuliner GoFood mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Sabtu, 24 Apr 2021 08:16 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/horizontalbar/2021/04/24/2039/2039" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

Kinerja subsektor industri makanan dan minuman (mamin) memang terlihat dari naiknya pendapatan layanan GoFood. Aplikasi pesan-antar makanan dari Gojek ini naik hingga 20 kali lipat dalam kurun waktu empat tahun terakhir. 

Selain itu, selama 2020 mitra usaha kuliner Gofood juga bertambah sebanyak 750.000. Khusus Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tercatat mengalami penambahan hingga 50% dari tahun sebelumnya.

Namun, kenaikan komisi GoFood membuat sejumlah mitra usaha pelaku kuliner UMKM mengeluh. VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina menjelaskan, dengan skema komisi yang sebesar 20% plus Rp1.000 tiap transaksi ini, perusahaan tidak bermaksud merugikan pelapak.

Sebagai contoh, dalam skema komisi terbaru, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan oleh para mitra usaha kuliner GoFood. Salah satunya berupa subsidi dari GoFood untuk mengikuti program promosi lebih besar.

“Misal, mitra usaha ingin memasang diskon Rp20.000, 60% dari diskon akan ditanggung GoFood. Sehingga mitra usaha hanya perlu menanggung 40% dari diskon,” katanya, kepada Alinea.id, beberapa waktu lalu.