logo alinea.id logo alinea.id

Klub Liga 1 dengan jumlah sponsor terbanyak

PSS Sleman mendapatkan sponsor terbanyak yakni mencapai 24 sponsor.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Selasa, 27 Apr 2021 16:20 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/vertikalbar/2021/04/27/2041/2041" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

Pengamat sepak bola Harry Ruswanto mengatakan klub Liga 1 Indonesia kondisi klub sepakbola saat ini memang dituntut tetap mempertahankan profesionalisme. Meskipun banyak investor yang ancang-ancang ingin masuk serta membeli klub-klub liga di Indonesia. 

Bagi klub-klub sepakbola di Liga 1, Gendhar panggilan akrab Harry tersebut, menyebut potensi akuisisinya akan lebih kecil karena telah berada di 'zona nyaman'. Sponsor yang mendanai klubnya terbilang masih aman. 

Sementara itu, bagi klub-klub di Liga 2-lah yang saat ini menurutnya relatif lebih kesulitan mendapatkan donor. Sehingga, langkah akuisisi menjadi salah satu pilihan bertahan. 

"Jadi, saat mereka kesulitan keuangan, datangnya investor untuk mengakuisisi klub menjadi pilihan, seperti yang saat ini terjadi pada Rans Cilegon, Persis Solo, dan Dewa United," ujar Gendhar kepada Alinea.id, Senin (26/4).