logo alinea.id logo alinea.id

Layanan kudo yang digunakan

Ada sejumlah layanan yang disediakan platform Kudo. Sebagian besar pengguna memanfaatkan layanan jual-beli pulsa.

Fultri Sri Ratu Handayani
Fultri Sri Ratu Handayani Selasa, 23 Jul 2019 16:08 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/horizontalbar/2019/07/23/729/729" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

Kudo adalah kependekan dari Kios untuk Dagang Online. Platform ini dikembangkan bermula dari observasi terhadap warung dan pedagang tradisional yang belum tersentuh teknologi. Padahal, teknologi bisa membantu para pedagang konvensional untuk meningkatkan produktivitas dan menambah pendapatan mereka.

Melalui Kudo, toko kelontong yang semula menjual kebutuhan sehari-hari dapat juga berjualan pulsa, baju, kosmetik bahkan tiket pesawat berkat kemitraan mereka dengan berbagai platform e-commerce. Kudo, yang menyasar daerah di luar kota besar di Indonesia, juga memfasilitasi masyarakat yang belum bisa atau enggan berbelanja di platform e-commerce untuk berbelanja produk di sejumlah toko daring (online) melalui toko kelontong.

Kemasyhuran Kudo memikat Grab yang pada 2017 mengakuisisi Kudo. Salah satu bentuk kemitraan Grab dengan Kudo adalah agen akan mendapat kemudahan jika mendaftar sebagai pengemudi Grab. Agen juga dapat mendaftarkan orang lain untuk bergabung sebagai pengemudi Grab dan akan mendapat sejumlah keuntungan tambahan, misalnya mendapat tambahan saldo di dompet digital Ovo.

Dari sejumlah layanan yang ada, menurut Tenggara Strategics, mayoritas pengguna Kudo memanfaatkan layanan jual-beli pulsa (82%). Disusul layanan pembayaran listrik (78%), jasa asuransi (12%), jual-beli tiket (5%), dan transaksi e-commerce (4%).