logo alinea.id logo alinea.id

Pencarian properti di Rumah.com berdasarkan harga

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Jumat, 30 Apr 2021 06:12 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/pie/2021/04/30/2045/2045" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

Data Rumah.com menunjukkan bahwa suplai properti residensial terbesar masih datang dari DKI Jakarta, yakni sebesar 32% dari total suplai nasional. Sementara itu, Jawa Barat menyumbang suplai sebesar 30%, diikuti Banten (17%), dan Jawa Timur (12%).

Namun, pandemi Covid-19 membuat suplai rumah menurun. Rumah.com Indonesia Property Market Index - Harga (RIPMI-H) secara nasional turun secara kuartalan pada periode low-season yakni kuartal keempat. Namun, beberapa provinsi kunci seperti Banten dan Jawa Barat tetap menunjukkan kenaikan, masing-masing 1,1% dan 1,8% secara kuartalan.

Ada tiga wilayah di Jabodetabek yang cukup resisten terhadap dampak low-season. Pertumbuhan yang cukup signifikan ini terutama disebabkan oleh naiknya harga untuk tipe rumah tapak.

Depok mengalami kenaikan sebesar 7,5% (quarter to quarter/QoQ). Kenaikan terjadi baik di segmen apartemen maupun rumah tapak. Kenaikan indeks harga yang cukup tinggi juga terjadi di Kabupaten Bekasi, yakni sebesar 6,5% (QoQ). Wilayah lain yang mengalami kenaikan adalah Kota Tangerang dengan kenaikan sebesar 2,3% pada kuartal keempat 2020 dibandingkan kuartal sebelumnya.