logo alinea.id logo alinea.id

Perkiraan resesi negara mitra dagang RI

Sejumlah mitra dagang Indonesia resmi mengalami resesi.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Senin, 03 Agst 2020 17:44 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/vertikalbar/2020/08/03/1549/1549" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

Dua negara Asia telah mengumumkan resesinya yakni Korea Selatan dan Singapura. Dilansir dari tradingeconomics.com, pertumbuhan ekonomi Korea Selatan pada kuartal II 2020 hanya tumbuh -2,9%. Sementara, ekonomi Singapura di kuartal yang sama -12,6% (year on year/yoy).

Terbaru, Amerika Serikat juga sudah tercatat resesi dengan kejatuhan pertumbuhan ekonominya yang semakin dalam pada kuartal II. Laju ekonomi negara Paman Sam tercatat minus -32,9% (yoy), jauh lebih besar dibanding kuartal I yang terkontraksi -4,8%.

Sejumlah negara lain termasuk Jepang, Malaysia, dan Thailand diprediksi bakal menyusul resesinya pada kuartal III. Ekonomi Malaysia kuartal II dan III diperkirakan akan pada tren yang sama -9,7% dan 6,4% secara beruntun. Sedang Thailand diperkirakan akan menghadapi penurunan PDB yang sangat deras pada kuartal II, yakni -17%, dan kemudian diperkirakan kembali tumbuh 1,5% pada kuartal III.

Indonesia sendiri pada kuartal I lalu masih mencatat pertumbuhan positif yakni 2,97% secara year on year. Namun, penurunan PDB pada enam negara tersebut  diprediksi bakal punya implikasi buruk pada perekonomian Tanah Air. Pasalnya, enam negara itu merupakan sebagian dari 10 mitra dagang terbesar Indonesia, baik dari sisi ekspor maupun impor.