logo alinea.id logo alinea.id

Situs organisasi paling sering digunakan untuk berdonasi

Transaksi donasi via GoPay naik 2 kali lipat saat pandemi.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Kamis, 27 Mei 2021 17:25 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/horizontalbar/2021/05/27/2065/2065" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

GoPay menggandeng Kopernik meluncurkan Digital Donation Outlook 2020, studi pertama dan terlengkap terkait ekosistem donasi digital. Data yang digunakan adalah kombinasi dari hasil survei masyarakat dan wawancara eksekutif senior, mulai dari pemerintah hingga berbagai pelaku filantropi di Indonesia.

Temuan utama pada studi ini meliputi perilaku donatur yang berubah akibat pandemi, serta peran teknologi yang mempermudah proses donasi. Studi ini mencatat masyarakat Indonesia jadi makin rajin berdonasi saat pandemi, dengan jumlah rata-rata meningkat sebanyak 72%.

Ini sejalan dengan data internal GoPay bahwa transaksi donasi digital pakai GoPay naik 2x lipat selama pandemi. Temuan menarik lainnya, generasi milenial paling sering berdonasi. Isu yang paling menjadi perhatian bagi para donatur saat ini adalah kesehatan dan perlindungan sosial. 

Data internal Gojek dari Maret hingga Oktober 2020 menunjukkan total donasi yang disalurkan melalui GoPay mencapai Rp102 miliar.