logo alinea.id logo alinea.id

Sorotan media terhadap bansos era PPKM darurat

Beragam bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah menjadi perhatian media massa sepanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat pada 3-25 Juli 2021.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Minggu, 01 Agst 2021 19:46 WIB
logo alinea
<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9"><iframe class="heightclass" frameborder="0" id="embed-responsive-item" scrolling="No" src="https://data.alinea.id/pie/2021/08/01/2167/2167" width="100%"></iframe></div>
Berhasil Dicopy

Beragam bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah menjadi perhatian media massa sepanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat pada 3-25 Juli 2021. Dari hasil riset Alinea.id berbasis big data pada periode itu, ditemukan sebanyak 277.012 berita yang membahas soal bansos. 

Topik bantuan sembako mendominasi pemberitaan jenis bansos dengan total 108.773 ekspos dari 7.860 media online. Bantuan Langsung Tunai (BLT) berada di urutan kedua, termasuk di antaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), BLT Dana Desa, BLT UMKM, bantuan Kartu Prakerja, bantuan insentif tenaga kesejahteraan, dan subsidi upah pekerja swasta.

Yang dipersoalkan media cenderung serupa. Pada isu bantuan sembako dan BLT, misalnya, media utamanya mengangkat sengkarut data penerima bansos, sosialisasi dari pemerintah yang tak maksimal, dan perkembangan kasus korupsi mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. 

Persoalan lainnya yang paling banyak diungkap ialah terkait konflik kepentingan platform digital, kurasi materi pelatihan yang bermasalah, keterbatasan akses internet, serta kapasitas server yang tidak memadai pada BLT Kartu Prakerja. 

Adapun pada bantuan listrik, media umumnya mempersoalkan tidak jelasnya tolok ukur menentukan pengguna 900 VA dan pengguna 450 VA yang berhak dapat subsidi, timpangnya ketersediaan sarana yang cukup untuk mengakses bantuan listrik dari pemerintah di berbagai wilayah, dan sosialisasi yang belum maksimal.